Siapa yang tidak kenal dengan Adenium, didalam istilah kita dikenal dengan nama atau sebutan Kamboja Jepang. Tanaman ini memang cocok ditanam di Indonesia karena iklim tropisnya. Adenium mirip sekali dengan bonsai terutama pada bagian akarnya. Akarnya ini semakin tua semakin membesar sehingga menambah daya tarik tanaman ini< disamping keindahan bunganya. Oleh karena itu, Adenium ini kebanyakan sengaja ditempatkan pada pot bonsai agar akar tanaman ini bisa terlihat dan penampilannya tampak semakin tua.
Dewasa ini, tanaman Adenium tidak hanya dijumpai keindahan akarnya saja, akan tetapi banyak dilakukan silangan adenium yang menampilkan bunga dengan aneka bentuk dan warna. Bunga bunga Adenium tersebut tampil menawan sehingga diperlukan usaha untuk merawatnya dan membungakan kembali agar terlihat tampil menarik.
Perawatan Adenium sebenarnya tidaklah sesulit yang kita bayangkan, karena tanaman ini sesuai dengan iklim udara dan cuaca di Indonesia, akan tetapi dengan keseriusan dan ketelatenan kitalah yang akan menghasilkan tanaman akan semakin sempurna. Berikut ini akan saya berikan beberapa tips agar tanaman Adenium tumbuh sehat dan cepat berbunga :
  1. Melakukan penyiraman secara tepat
  2. Berikan vitamin berupa pupuk secara berkala dengan takaran yang tepat
  3. Lakukan penggantian media tanam selama 8-10 bulan setelah tanam
  4. Mencegah hama dan penyakit dengan cara menjaga lingkungan sekitar tanaman
Pemangkasan / pruning pada tanaman Adenium merupakan kunci agar tanaman tersebut berpenampilan prima dan rajin berbunga. Karena batang Adenium yang dibiarkan tumbuh memanjang akan memberikan kesan berantakan. Harus diingat juga, sebelum pemangkasan dilakukan pastikan bahwa kondisi tanaman benar benar sehat dan media tanamnya subur. Untuk menunjang hal tersebut berilah pupuk NPK kira-kira 2 minggu sebelum pemangkasan.
Salah satu daya tarik tanaman Adenium adalah dari penampilan akarnya yang sangat besar dan unik, semakin besar tanamannya semakin besar pula akan yang dihasilkannya. Semoga bermanfaat dan silahkan untuk mencobanya.


Bagikan :
thumbnail
Title:

ADENIUM Anda Agar Tetap Berbunga

Rating: 100% View : 1065 ratings. 18 user reviews.

0 komentar:

Post a Comment