Gunung berapi merupakan  istilah yang bisa dijelaskan sebagai sistem saluran fluida panas (batuan dalam bentuk lava atau cair) yang memanjang dari kedalaman kira-kira 10 km di bawah permukaan bumi hingga ke permukaan bumi, mencakup juga endapan dari hasil akumulasi material yang keluar ketika meletus.

Indonesia merupakan negara yang cukup banyak memiliki gunung berapi. Berikut ini adalah 3 gunung berapi  yang populer di Indonesia.

1. Gunung Tambora
Gunung Tambora
Gunung Tambora merupakan gunung berapi yang berada di pulau Sumbawa, Indonesia. Gunung ini berada di 2 kabupaten, yaitu Kabupaten Dompu dan Kabupaten Bima. Aktivitas vulkanik gunung berapi ini mencapai puncak pada April 1815 saat meletus dalam skala tujuh pada Volcanic Explosity Index. Letusan itu menjadi letusan paling besar semenjak letusan danau Taupo .

2. Gunung Merapi
Gunung Merapi
Gunung Merapi (2.968 m dpl per 2006) merupakan salah satu gunung api aktif di Indonesia. Gunung ini berlokasi di bagian tengah Pulau Jawa. Lereng sebelah selatan berada dalam administrasi Kabupaten Sleman, DIY, dan sebelah barat berada di wilayah Jawa Tengah, yaitu Kabupaten Magelang, Kabupaten Boyolali di sebelah timur dan utara, serta Kabupaten Klaten di sebelah tenggara. Kawasan hutan yang berada di sekitar gunung Merapi  dijadikan sebagai Taman Nasional Gunung Merapi sejak tahun 2004.

3. Gunung Semeru
Gunung Semeru
Gunung Semeru merupakan gunung berapi tertinggi di Pulau Jawa, dengan puncaknya yang dinamakan Mahameru, 3.676 m dari permukaan laut. Gunung Semeru memiliki kawah di puncaknya yang dinamakan Jonggring Saloko. Pada 1913 dan 1946 , kawah Jonggring Saloka mempunyai kubah dengan ketinggian 3,744 m hingga akhir November 1973. Di bagian selatan, kubah tersebut mendobrak bagian tepi kawah yang menyebabkan aliran lava mengarah ke sebelah selatan yang meliputi daerah Pronojiwo dan Candipuro di Lumajang.

referensi: Wikipedia (26/02/2013)
sumber gambar: Wikipedia (26/02/2013)
Bagikan :
thumbnail
Title:

3 Gunung Berapi Populer di Indonesia

Rating: 100% View : 1065 ratings. 18 user reviews.

1 comment:

  1. Saya kita urutan pertama Krakatau,,malah kalau Tambora saya baru tau.. hehe

    ReplyDelete