Cara Mengatasi Ketombe Secara Alami - Ketombe ialah pengelupasan sel-sel kulit mati yang berlebihan yang terjadi di kulit kepala. Ketombe bukanlah organisme seperti halnya kutu rambut, namun cuma kulit mati yang bertumpukan pada kulit kepala. Sel-sel kulit mati dan mengalami pengelupasan merupakan perkara yang normal. Tetapi pada sebagian orang perkara tersebut menjadi berlebih. Apabila diikuti dengan kemerahan dan iritasi, maka ketombe bisa jadi merupakan gejala dermatitis seboroik.

Ketombe dapat pula diakibatkan oleh kondisi lainnya:
Jamur. Bentuk tertentu dari ketombe dipercaya dikarenakan oleh jamur yang ada di kulit kepala. Lantaran jamur tak bisa diatasi sepenuhnya, maka ketombe juga tak bisa dibasmi sampai habis, hanya dapat dikendalikan.

Kulit yang mengandung minyak. Banyak yang percaya bahwa ketombe merupakan akibat dari kulit kepala yang kering. Tapi, ketombe juga dijumpai pada kulit kepala yang mengandung minyak. Lapisan minyak yang berlebih pada kulit kepala dapat kering, mengalami penebalan dan menjadi serpihan dalam bentuk ketombe.

Keringat. Bila Anda melakukan olahraga dengan rutin, Anda mengeluarkan keringat yang lebih banyak, yang juga dapat mengakibatkan ketombe khususnya bila Anda tak melakukan keramas sesering yang semestinya.

Faktor lainnya mencakup: cuaca dingin, pemakaian semprotan dan minyak rambut, bilasan sampo yang kurang bersih, sampo yang tak cocok, jarang membersihkan rambut, stres, diet, dan gangguan hormon.


Apa yang perlu dilakukan ketika berketombe?
Jangan acuhkan masalah ketombe karena dapat  menjadikan pertumbuhannya menjadi lebih banyak. Hal ini mengakibatkan gatal-gatal,   sehingga menimbulkan rasa ingin digaruk pada kepala . Garukan yang kuat bisa mengakibatkan kulit kepala luka dan rentan terkena infeksi.

Bila Anda mempunyai masalah ketombe ringan, Anda bisa mencoba menaikkan frekuensi berkeramas . Bila diperlukan, berkeramaslah tiap hari dengan menggunakan sampo tersebut untuk mengontrol pertumbuhan ketombe.

Bila sampo anti ketombe ringan tidak bekerja atau masalah ketombe  parah, pakai sampo / obat yang khusus untuk anti-ketombe yang memiliki kandungan selenium sulfida, zinc pyrithione, asam sulfur / salisilat dan zat aktif yang lainya untuk membersihkan rambut . Pakai sebutuhnya saja karena obat ini cenderung memiliki efek yang kuat. Sesudah itu, diamkan selama sekurang-kurangnya 5 menit sebelum membilasnya. Pijatlah kulit kepala  secara pelan dengan menggunakan ujung jari  guna melancarkan sirkulasi darah pada kepala. Obat ini bisa digunakan sendirian atau dipadukan dengan sampo biasa (ikuti petunjuk pemakaiannya). Anda juga dapat menyelingi penggunaan obat anti-ketombe dengan sampo biasa. Sesudah ketombe  menghilang, beralihlah ke sampo biasa.

Cara mengatasi ketombe secara alami

1. Santan kelapa
Tambahkan santan dari setengah butir kelapa, 1 gelas jus nanas, air perasan jeruk nipis, dan satu setengah gelas air kelapa. Aduk hingga meata. Pakai campuran ini guna membersihkan rambut tiap 5 hari sekali. Bilas dengan menggunakan sampo tiap kali melakukannya.

2. Garam
Ambil garam saat Anda hendak membersihkan rambut. Bubuhkan dan gosok kulit kepala Anda dengan menggunakan garam. Bilaslah sesudah beberapa waktu lalu bersihkan rambut Anda dengan menggunakan sampo.

3. Jeruk nipis
Siram 2 sendok makan jeruk nipis pada kepala. Remas-remaslah rambut dan kulit kepala. Sediakan satu gelas air lalu tambahkan 1 sendok makan jus lemon ke dalamnya, kemudian siramkanlah ke rambut. Bilas dengan menggunakan air setelah beberapa menit. Kepala akan berbau wangi dan segar lemon dan ketombe menghilang. Ulangi beberapa kali hingga ketombe benar-benar menghilang.

4. Soda kue
Basahi sedikit rambut. Ambil satu genggam soda kue lalu gosokkan kulit kepala dengan menggunakan soda kue itu. Lalu bilas dengan menggunakan baik hingga semua soda menghilang dari rambut. Ulangi hal ini beberapa kali. 

5. Cuka

Cuka putih merupakan obat yang baik untuk ketombe. Tambahkan secangkir cuka putih dengan secangkir air, lalu tuangkan pada kulit kepala setelah berkeramas, sebagai bilasan akhir. Biarkan beberapa saat, lalu bilas dengan menggunakan air bersih.

Anda juga bisa membersihkan rambut dengan menggunakan 1 sendok cuka yang dipadukan 3 sendok makan minyak, kemudian dibersihkan dengan menggunakan sampo.

Itulah cara mengatasi ketombe secara alami.

sumber: majalahkesehatan.com
Bagikan :
thumbnail
Title:

Cara Mengatasi Ketombe Secara Alami

Rating: 100% View : 1065 ratings. 18 user reviews.

0 komentar:

Post a Comment