Anda pengguna modem Smartfren Rev A? Modem ini merupakan modem ukuran mini dengan harga yang murah, belum lagi ada gratisan internetan selama sebulan pada bulan pertama pemakaian. Dengan modem yang dibandrol dengan harga Rp 199.000, ditambah dengan internet gratis pada bulan pertama, siapa sih yang nggak tertarik?

Namun, ternyata, di balik harga yang murah ditambah dapet gratisan internetan selama sebulan, ternyata ada kelemahannya, yaitu modem cepat panas. Baru dipakai sebentar saja cepat panas. Suhu modem yang panas dapat mempengaruhi kecepatan akses. Walaupun sinyal penuh dan tidak ada gangguan jaringan, kalo modemnya panas ya internetnya bisa lelet. Sama seperti orang, walaupun perut udah penuh, tapi kalo lari-lari saar panas ya very very ngos-ngosan. Belum lagi, kalo modem yang walaupun sudah panas, tapi tetep digunakan, bisa-bsa cepet rusak. "Kalo rusak kan tinggal beli lagi, lha wong harganya murah", iya sih, tapi masa beli modem Smartfren cuma buat ngerasain gratisan internetan sebulan doang?

Bagaimana cara mengatasi modem Smartfren yang cepat panas?

Ada solusi untuk mengatasi modem Smartfren yang cepat panas, yang katanya anti lelet, tapi malah modemnya cepet semelet. Cara mengatasinya yang pertama adalah dengan mencabut modem ketika panas, kemudian mencolokkan lagi saat sudah tidak panas. Cara ini memang ribet. Karena haris Coca Cola alias colok cabut colok lagi. Kalo cara ini ribet, masih ada cara kedua.

Cara berikutnya adalah dengan menggunakan kipasangin kecil atau cooling pad. Cara inilah yang saya pake. Kipas anginnya tidak saya beli, tapi merupakan bonus dari membeli Notebook Asus. Alih-alih buat ngipasin notebook, tapi malah saya pake buat ngipasin modem Smartfren. Kalau yang tidak punya, sebenarnya pake kipas angin biasa pun bisa, tapi harus pake kabel USB eksternal biar nggak ribet. Kabel seperti itu saya juga punya, tapi waktu saya sambungkan ke modem Smartfren, modemnya kalo udah jalan, tiba-tiba tampilan modemnya hilang. Yang seperti ini bisa bikin laptop nge-hang lho. Kalo udah nge-hang, langsung cabut batre dan pasang lagi.

Dari cara-cara tersebut, saya lebih merekomendasikan pake cara kedua, yaitu dengan memakai cooling pad. Oh ya, pada  bagian bawh modem kan ada tutupnya, lepas aja tutupnya biar bagian dalemnya kena sirkulasi udara sehingga mengurangi panas.

Dengan modem Smartfren yang cepat panas, berarti modem ini ribet untuk kepentingan portable. Ditambah lagi jika modem digunakan pada suhu ruangan yang panas, makin cepat panas. Jadi, solusinya gimana dong? Tambahin es aja kali ya. Solusinya kalo pengen internetan di luar, cari hotspot area yang tidak diprotek. Kalo nggak ada gimana? Ya nggak usah memaksakan diri. Masa mau sekalian bawa aki buat nyolokin kipas anginnya? :D

Bagikan :
thumbnail
Title:

Cara Mengatasi Modem Smartfren yang Cepat Panas

Rating: 100% View : 1065 ratings. 18 user reviews.

1 comment: