Earth Hour, yang terjemahan bebasnya adalah Jam Bumi, merupakan aksi global yang awalnya dicetuskan oleh WWF (World Wide Fund for Nature) yang selalu dilakukan pada setiap hari Sabtu terakhir di bulan Maret setiap tahunnya, dimana mereka meminta rumah-rumah, gedung-gedung perkantoran hingga sarana dan prasarana umum yang menggunakan lampu diminta untuk memadamkannya selama satu jam.

  
Pada awalnya aksi ini dilakukan oleh WWF dan The Sydney Morning Herald pada tahun 2007. Ketika itu sebanyak 2,2 juta penduduk Sydney melakukan aksi dengan memadamkan semua lampu, terutama lampu-lampu yang tidak diperlukan. Setelah itu kemudian ditahun berikutnya kota-kota lain mengikuti aksi serupa di tahun 2008. Dan di tahun-tahun berikutnya semakin banyak lagi kota dan orang yang melakukan aksi ini. Tahun ini aksi Earth Hour akan dilakukan hari ini, Sabtu, tanggal 23 Maret 2013, pada jam 20.30 waktu setempat, serentak di hampir seluruh kota-kota besar di dunia.

Kita yang di Indonesia juga dapat melakukan aksi ini dan sekaligus dapat menyaksikan bagaimana pergantian suasana dari terang menjadi gelap di kota-kota besar di Indonesia. Cuma ada yang ironis dengan moment Eart Hour ini. Bila di luar negeri, katakanlah di negara-negara yang sudah maju teknologinya, disana hampir tidak pernah kejadian mati lampu sepanjang tahunnya. Makanya ada gerakan Jam Bumi. Tetapi kalau di negara kita, dimana tenaga listriknya sangat dipengaruhi oleh alam dan sumber energi lainnya. Tidak heran bila sehari-harinya sering ada pemadaman listrik bergilir yang lamanya bahkanlebih dari satu jam.

Nah jadi sebenarnya, kota-kota di Indonesia yang paling mendukung gerakkan Earth Hour, karena pemadaman lampunya lebih sering hingga ratusan jam dalam setahunnya..  :)
Bagikan :
thumbnail
Title:

Earth Hour Aksi Penyelamatan Bumi

Rating: 100% View : 1065 ratings. 18 user reviews.

0 komentar:

Post a Comment