Belajar adalah kewajiban bagi pelajar. Belajar bisa bermanfaat untuk memahami materi pelajaran. Selain itu, belajar juga merupakan usaha agar mendapatkan nilai yang bagus. Agar maksimal dalam belajar, maka perlu keefektifan dalam belajar. Dengan melakukan cara belajar efektif, maka bisa membantu mempermudah dalam mempelajari materi pelajaran.

Berikut ini adalah cara belajar efektif untuk pelajar.

1. Belajar memahami apa yang dipelajari, bukan sekedar dibaca
Memperlajari materi pelajaran agar efektif, jangan hanya dibaca saja, bukan pula cuma dihafal saja, namun harus juga memahami. Menghafal materi pelajaran belum tentu memahaminya. Bisa saja materi pelajaran hafal, namun tidak mengerti maksudnya, alias cuma sekedar hafal. Namun, jika paham terhadap suatu mata pelajaran, maka proses menghafal pun bisa menjadi lebih mudah. Bahkan, tanpa menghafal, bisa ingat akan materi pelajaran tertentu asalkan paham.

2. Membuat ringkasan
Membuat ringkasan bisa mempermudah dalambelajar. Ringkasan pelajan bisa mempermudah dalam menghafal pelajaran. Ringkasan atau rangkuman pelajaran bisa dibuat dengan cara membuat catatan kecil dari inti materi pelajaran yang akan dibuat ringkasan.

3. Banyak berlatih soal
Bila materi pelajaran mengandung unsur hitungan, misalnya matematika, menghafal rumus atau membaca bukanlah cara belajar efektif untuk mempelajarinya. Materi pelajaran yang mengandung hitungan bisa dipelajari secara efektif dengan cara memperbanyak berlatih soal dan memahami rumus-rumus yang ada. Kalau hafal rumus tapi tidak tahu maksudnya, kan percuma saja. Di samping itu, banyak berlatih soal juga bisa berguna agar kita terbiasa dalam mengerjakan soal-soal, entah itu soal latihan atau soal ulangan.

4. Belajar ketika kondisi tubuh fit
Cara belajar efektif yang selanjutnya adalah belajar ketika kondisi tubuh fit. Kondisi tubuh yang kurang fit atau tidak sehat dapat menyulitkan untuk berkonsentrasi dalam belajar. Oleh karena itu, hindari untuk memaksakan belajar saat tubuh kurang fit. Jika saat malam hari akan belajar, tubuh terasa lelah. Hal itu bisa disiasati dengan cara istirahat tidak terlalu malam, kemudian bangun sebelum Subuh untuk belajar.

5. Hindari SKS
SKS (Sistem Kebut Semalam) merupakan cara belajar dengan mempelajari banyak materi dalam satu malam. Hal ini tentu saja tidak efektif. Belajar dengan cara ini biasanya dilakukan oleh siswa yang belajar hanya pada saat akan ulangan. Belajar yang rutin saja memungkinkan munculnya kesulitan, apalagi belajar dengan sistem SKS.

6. Pilih tempat belajar yang nyaman
Tempat belajar yang nyaman bisa membantu kenyamanan saat belajar. Belajar pada tempat yang kotor, bau, atau berisik bisa membuat kegiatan belajar tidak nyaman. Oleh sebab itu, pilih tempat belajar yang nyaman agar kegiatan belajar juga nyaman.

Itulah cara belajar efektif untk pelajar. Jangan lupa pula berdo'a. Karena usaha harus disertai do'a.
Bagikan :
thumbnail
Title:

Cara Belajar Efektif untuk Pelajar

Rating: 100% View : 1065 ratings. 18 user reviews.

0 komentar:

Post a Comment