Pengertian dan Cabang-cabang Bioteknologi - Bioteknologi merupakan cabang ilmu pengetahuan yang memperlajari tantang pemanfaatan organisme (virus, bakteri, fungi, dan sebagainya) ataupun produk-produk dari makhluk hidup (alkohol, enzim pada proses produksi dalam rangka menghasilkan barang dan jasa. Perkembangan di bidang teknologi bukan hanya berdasar pada ilmu biologi, namun pada ilmu terapan dan ilmu murni lain pula, misalnya biologi molekular, kimia, genetika, bikimia, matematika, komputer, dan lain-lain. Oleh karena itu, bioteknologi juga bisa dikatakan sebagai ilmu terapan yang memadukan antara bermacam-macam cabang ilmu pengetahuan dalam proses untuk menghasilkan barang dan jasa.

Cabang-cabang Bioteknologi

1. Bioteknologi biru
Bioteknologi biru juga disebut bioteknologi perairan/akuatik yang mengontrol proses-proses yang terjadi pada lingkungan akuatik. Salah satu contohnya adalah akuakultura, menumbuhkan ikan bersirip atau kerang-kerangan pada keadaan terkontrol sebagai sumber makanan. Perkembangan bioteknologi jenis ini merupakan rekayasa genetika guna menghasilkan tiram yang tahan penyakit dan vaksin yang berguna untuk melawan virus yang menyerang ikan salmon dan ikan lainnya.

2. Bioteknologi Hijau
Bioteknlogi hijau merupakan cabang bioteknologi yang mempelajari seputar aplikasi di bidang peternakan dan pertanian. Pada bisang peternakan, hewan-hewan yang digunakan sebagai bioreaktor guna menghasilkan produk penting, seperti domba, sapi, kambing dan ayam yang sudah dimanfaatkan sebagai penghasil antibodi-protein proyektif yang berguna untuk membantu sel tubuh mengenali dan melawan antigen (senyawa asing).

3. Bioteknologi Putih/abu-abu
Bioteknologi jenis ini merupakan bioteknologi yang diterapkan pada industri seperti pengembangan dan produksi senyawa baru serta produksi sumber energi terbarukan. Dengan melakukan manipulasi pada mikroorganisme seperti ragi/khamir dan bakteri, enzim-enzim dan juga organisme-organisme yang lebih baik telah ada dalam rangka mempermudah proses produksi dan pengolahan limbah industri. Pelindian minyak dan mineral yang berasal dari tanah untuk menaikkan efisiensi pertambangan.

4. Bioteknologi Merah
Bioteknologi merah adalah cabang bioteknologi yang mempelajari seputar penerapan bioteknologi di bidang medis. Cabang ini mencakupi semua spektrum pengobatan manusia, mulai dari tahapan preventif, diagnosis, hingga pengobatan. Contoh aplikasi dari bioteknologi cabang ini yaitu penggunaan organisme dalam rangka menghasilkan vaksin dan obat, terapi gen untuk mengobati penyakit genetik, dan pemanfaatan sel induk guna pengobatan regeneratif.

Itulah pengertian dan cabang-cabang ilmu bioteknologi.

referensi: http://id.wikipedia.org/wiki/Bioteknologi (19/02/2013)
Bagikan :
thumbnail
Title:

Pengertian dan Cabang-cabang Bioteknologi

Rating: 100% View : 1065 ratings. 18 user reviews.

0 komentar:

Post a Comment